0

PT.AQUA

Posted by rahardjo setyani on 22.26

PT.Aqua Group

*Sejarah PT Aqua

Aqua lahir atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994). Beliau menggagas lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Pebruari 1973.

Kegiatan fisik perusahaan dimulai pada bulan Agustus 1973, ditandai dengan pembangunan pabrik di kawasan Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Percobaan produksi dilaksanakan pada bulan Agustus1974 dan produk komersil dimulai sejak tanggal 1 Oktober 1974 dengan kapasitas produksi 6 juta liter setahun. Produk pertamanya adalah AQUA botol kaca 950 ml yang kemudian disusul dengan kemasan AQUA 5 galon, pada waktu itu juga masih terbuat dari kaca.

Tahun 1974 hingga tahun 1978 merupakan masa-masa sulit karena masih rendahnya tingkat permintaan masyarakat terhadap produk AQUA. Dengan berbagai upaya dan kerja keras, AQUA mulai dikenal masyarakat, sehingga penjualan dapat ditingkatkan dan akhirnya titik impas berhasil dicapai pada tahun 1978.

Saat itu merupakan titik awal perkembangan pesat produk AQUA yang selanjutnya terus berkembang hingga sekarang.

Semula produk AQUA ditujukan untuk masyarakat golongan menengah atas, baik perkantoran maupun rumah tangga dan restoran. Namun, saat berbagai jenis kemasan baru : 1500ml, 500ml, 220ml, dari kemasan plastik mulai diproduksi sejak 1981, maka produk AQUA dapat terjangkau oleh masyarakat luas, karena mudahnya transportasi dan harga terjangkau.

Mata Air Pegunungan yang mengalir sendiri

Pada tahun 1981, AQUA memutuskan untuk mengganti bahan baku yang semula dari sumur bor ke mata iar pegunungan yang mengalir sendiri (self flowing spring).

Perluasan Produksi

Diterimanya AQUA oleh masyarakat luas dan wilayah penjualan yang telah menjangkau seluruh pelosok Indonesia, maka Aqua harus segera meningkatkan kapasitas produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat itu, lisensi untuk memproduksi AQUA diberikan kepada PT Tirta Jayamas Unggul di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984 dan Tirta Dewata Semesta di Mambal, Bali pada tahun 1987. Hal yang sama juga diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Pemberian lisensi ini disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima. Upaya ekspor dirintis sejak medio 1987 dan terus berjalan baik hingga kini mencakup Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika. Total kapasitas produksi dar seluruh pabrik AQUA pada saat ini adalah 1,665 milyar liter per tahun.

Pabrik di luar Negeri

Di luar negeri, tepatnya Filipina, dijalin pula kerja sama untuk memproduksi AQUA, yang telah berproduksi sejak awal 1998. Sedangkan di Brunei Darussalam, pada tahun 1991 dilakukan kerja sama dengan membentuk IBIC Sdn. Bhd untuk memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek SEHAT. Nama dipilih karena tidak adanya sumber mata air pegunungan yang memenuhi standar produksi AQUA, sehingga bahan bakunya diambil dari sumur bor. Karena itu nama AQUA tidak digunakan.

Jenis Kemasan

Saat ini produk AQUA terdiri dari beraneka kemasan dan ukuran, baik kemasan sekali pakai (disposable) maupun kemasan ulang-alik (returnable).

• Kemasan sekali pakai terdiri atas:

- Botol PET (Poly Ethelene Terephthalate) :

1500 ml, 625 ml, 600 ml, 330 ml

- Gelas plastik PP (Poly Propelene) :

240 ml

• Kemasan sekali pakai terdiri atas:

- Botol Kaca: 375 ml

- Botol PC (Poly Carbonate): 5 Galon (19 lt)

Semula AQUA memproduksi botol-botol plastiknya memakai bahan PVC (Poly Vinyl Chloride) yang kurang ramah lingkungan karena menimbulkan hujan asam bilamana dibakar. Pada tahun 1988 AQUA mengganti mesin produksi dan bahan bakunya dengan PET, sedangkan di Eropa pada saat itu masih memakai PVC. AQUA lah yang pertama-tama merubah botol bulat disain Eropa menjadi persegi dan bergaris agar mudah dipegang. Botol PET ciptaan AQUA ini sekarang menjadi standar dunia. Demikian pula dengan gelas plastik 240 ml yang semula berukuran 220 ml, diciptakan oleh Research & Development AQUA dan sekarang menjadi teramat popular di Indonesia.

Go Public

Pada saat perusahaan go-public pada tanggal 1 Maret 1990 makan nama P.T. Golden Mississippi dirubah menjadi P.T. Aqua Golden Mississippi.

Sertifikasi dan Penghargaan

Pada tahun 1994 dan 1995, AQUA adalah AMDK pertama yang berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9002 untuk pabrik Bekasi, Citeureup dan Mekarsari. Menyusul kemudian pabrik Pandaan, pabrik Mambal, pabrik Subang, dan pabrik Berastagi. Semua pabrik AQUA sedang di proses untuk mendapatkan sertifikasiISO 9002. Sertifikasi lain ayng telah diperoleh yaitu untuk Good Manufacturing Pratices atau Cara Produksi yang baik dari NSF (National Sanitation Foundation). Pabrik yang telah memperoleh sertifikasi ini adalah pabrik Bekasi, Citeureup, Mekarsari dan Pandaan. Kedua setifikasi ini diberikan kepada perusahaan AMDK di Indonesia. Pada awal 1999, AQUA berhasil memperoleh sertifikat SMK3 (Sertifikat Mutu Kesehatan dan keselamatan kerja) dan pada bulan Oktober 19999, 5 pabrik AQUA di Bekasi, Bogor, Sukabumi, Pandaan dan Bali memperoleh sertifikat HACPP (Hazard Abalysis Critical Control Point) dari SGS, Holland. HACCP adalah suatu metoda untuk mengontrol proses produksi yang bisa mengakibatkan menurunnya kualitas produksi.

Pada tahun 1986, AQUA meraih “Asia Star Award” dari Tokyo, jepang. Dan pada thaun 1991 berhasil meraih “Management Award 1991” kategori manajemen umum dalam program yang diselenggarakan oleh World Executive’s Digest bersama Asian Institute of Management dan Japan Airlines.

Penghargaan lain yang diterima berupa “Piala Nusa Adi Kualita” untuk kualitas manajemen perusahaan terbaik dari Kadin Jaya, dan penghargaan sebagai Peserta Terbaik pada Penilaian Penerapan Cara Produksi yang Baik, untuk kelompok industri air minum dalam kemasan, dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia pada tahun 1997. Pada kwartal akhir tahun 1999, hasil survey independen dari majalah Readers Digest di Singapura menempatkan produk AQUA sebagai “Superbrand 1999” yang paling dikenal dan dipercaya mutunya.

AQUA dan Olahraga

Nyaris tiada kegiatan olahraga penting yang tidak dihadiri oleh AQUA. Merek AQUA amat dikenal di Indonesia, ASEAN bahkan Eropa melalui PON, Pesta Sukan, Pencak Silat, Sea Games, Thomas Uber Cup, World Cup, Sudirman Cup, World Golf Competition dan sebagainya. AQUA mendirikan beberapa diklat bulutangkis “AQUA PUSPITA” dikota-kota Jakarta, Surabaya, Denpasar untuk membina bibit-bibit muda diperbulutangkisan. Keterlibatan AQUA didunia olahraga telah beberapa kali menghasilkan penghargaan bagi Perusahaan.

AQUA dan Peristiwa Nasional Kenegaraan

Adalah merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi AQUA dapat menemani setiap peristiwa bersejarah di Indonesia seperti pertemuan Presiden Amerika Ronald Reagen di Bali, APEC(Asia Pacific Economic Conference) dan KTT (Konference Tingkat Tinggi Dunia) di Jakarta, Peringatan Hari Kemerdekaan setiap tahun di Istana Negara dan berbagai peristiwa bersejarah lainnya.

VIT (PT. Varia Industri Tirta)

Pada tanggal 17 Juli 1987, Tirto Utomo mengakuisisi PT. Varia Industri Trita yang memproduksi AMDK merek VIT dan merupakan merek kedua dari grup AQUA. Saat ini total kapasitas produksi VIT 287 juta liter setahun,

IBWA (International Bottled Water Association)

Di Amerika AQUA mendapatkan “AQUA Awards” tahun 1985 – 1989 secara berturut-turut untuk bidang periklanan, promosi dan Public Relations. PT. Aqua Golden Mississippi juga merupaka kantor secretariat Association (IBWA), untuk kawasan Asia, Timur Tengah dan Afrika Utara semenjak bulan September 1992, di samping menjadi anggota Direksi dan Council di Amerika Serikat dan di Eropa.

Hall of Fame

Komitmen dan keterlibatan almarhum Tirto Utomo dalam industri AMDK yang dirintisnya menjadi sorotan dunia dan pada bulan Oktober 1992, di Cincinnati, USA, almarhum Tirto Utomo dinobatkan sebagai tokoh pencetus dan penggerak industri AMDK dikawasan Asia dan Timur Tengah dan masuk dalam “Hall of Fame” industri bottled Water. Beliau adalah orang Asia pertama yang memperoleh penghargaan tersebut, dan dipilih dari nominasi yang berasal dari Asia, Amerika, Australia, Canada, Eropa, Amerika Serikat dan Latin Amerika.

PT. Tirta Investama (AQUA Group)

Pada tanggal 16 Juni 1994, dibentuk P.T. TIRTA INVESTAMA sebagai induk yang mengayomi unit-unit produksi AQUA yang tersebar diseluruh Indonesia dan sekarang menjadi lebih dikenal sebagai AQUA Group, dengan total jumlah karyawan lebih dari 7,400 orang.

Pemimpin Pasar
Hasil survei dari Zenith International dari Inggris sebuah badan riset internasional yang telah melakukan survei selama hampir sembilan bulan untuk IBWA, mengesahkan bahwa merek AMDK AQUA dari Indonesia adalah merek AMDK terbesar di wilayah Asia – Timur Tengah – Pasifik dengan total penjualan sebesar 1,040 juta liter ditahun 1998 dan sekitar 1,190 juta liter ditahun 1999 dan dengan demikian diakui sebgai AMDK nomor dua di dunia setelah merek EVIAN. Sebuah prestasi besar bagi sebuah perusahaan negara berkembang yang baru berkiprah selama 25 tahun di industri ini dan yang mengalami badai politik dan ekonomi yang berat.
http://www.geocities.com/evasbp_99/aqua/images/icon_graphic.gif







  • Disamping ini ilustrasi sejarah perkembangan merek AQUA semenjak tahun pertaPengukuran kinerja keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan

menggunakan teknik rasio keuangan dan Economic Value Added (EVA). Analisa
kinerja keuangan PT Aqua Golden Mississippi, tbk menggunakan data-data
prospektus dan laporan tahunan yang diterbitkan oleh perusahaan.
Dalam tesis ini penulis membahas mengenai penerapan dan peran metoda
EVA dibandingkan dengan metoda analisa rasio keuangan dalam menganalisa
kinerja keuangan perusahaan yang bergerak di bidang industri air mineral.
Kegiatan usaha dari PT Aqua Golden Mississippi, tbk tersebut adalah
memproduksi air minum mineral dalam berbagai kemasan dan mendistribusikan
produk-produk hasil usahanya sampai ke mancanegara.
Data-data tahun 1996 sampai dengan 2000 yang diambil selama periode
pengamatan ternyata menunjukkan bahwa pada periode tahun 1996 sampai
dengan 1999 EVA yang dihasilkan oleh PT Aqua Golden Mississippi, tbk
memberikan nilai yang negatif. Hal ini menunjukkan bahwa PT Aqua Golden
Mississippi, tbk selama tahun 1996 sampai dengan tahun 1999 belum mampu
menghasilkan return (tingkat pengembalian investasi) di atas risiko yang harus
ditanggung perusahaan (biaya modal atau cost of capital), sehingga investasi pada
PT Aqua Golden Mississippi, tbk bisa dikatakan tidak dapat melakukan
penciptaan nilai ekonomis selama periode tahun 1996 sampai dengan tahun 1999.
Dengan kata lain, selama periode tahun 1996 sampai dengan tahun 1999, PT
Aqua Golden Mississippi, tbk beroperasi dengan kondisi kinerja keuangan yang
tidak bagus. Penyebab nilai EVA negatif selama periode ini adalah adanya tingkat
suku bunga bank yang tinggi akibat gelombang krisis ekonomi dan resiko saham
perusahaan relatif terhadap indeks pasar jauh dibawah angka 1 (yaitu tahun 1996
= -1,14 ; tahun 1997 = 0,44 ; tahun 1998 = 0,39 ; tahun 1999 = 0,16). Baru di
tahun 2000 nilai EVA PT Aqua Golden Mississippi, tbk mempunyai nilai positif
yaitu sebesar Rp 27.988.198.951,-. Hal ini menunjukkan bahwa PT Aqua
Golden Mississippi, tbk untuk tahun 2000 mampu menghasilkan return di atas
risiko yang harus ditanggung perusahaan. Penyebab nilai EVA positif pada tahun
ini adalah adanya tingkat suku bunga bank yang sudah mulai stabil dimana
gelombang krisis ekonomi sudah mulai mereda dan resiko saham perusahaan
relatif terhadap indeks pasar mendekati angka 1 yaitu 0,88.
Pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan analisa ratio
keuangan tidaklah dapat menunjukkan bahwa selama periode tahun 1996 sampai
dengan tahun 1999 perusahaan mempunyai kinerja yang buruk, karena selama
periode tahun tersebut perusahaan tidak dapat menciptakan nilai ekonomis. Hal
inilah yang menunjukkan bahwa metoda EVA mempunyai kelebihan dalam
mengukur kinerja perusahaan dibandingkan dengan analisa rasio keuangan.
Namun dalam hal ini analisa rasio keuangan tetap diperlukan untuk mengetahui
seluruh kondisi keuangan perusahaan.
Dari analisa ini, juga dapat dilihat bahwa metoda EVA sebagai salah satu
alat ukur kinerja keuangan perusahaan berperan sebagai salah satu alat ukur untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja ya ng dapat menyebabkan perusahaan berhasil
menciptakan nilai atau tidak dapat menciptakan nilai. Dan dengan metoda EVA
ini juga dapat dideteksi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi atau
menghambat pencapaian tujuan utama perusahaan yaitu memaksimalkan
kesejahteraan para pemegang sahamnya.ma produksi di tahun 1974 sampai tahun 1999.

*PENDIRI



Sosok pendiri AQUA, Tirto Utomo, dilahirkan di Wonosobo, Jawa Tengah tanggal 8 Maret 1930. Karena di Wonosobo tidak ada SMP maka Tirto Utomo harus bersekolah di Magelang yang berjarak sekitar 60 kilometer dari kota kelahirannya itu. Perjalanan itu ditempuhnya dengan bersepeda. Kehidupannya tergolong lumayan karena orangtuanya pengusaha susu sapi dan pedagang ternak. Lulus SMP Tirto Utomo melanjutkan sekolah ke HBS (sekolah setingkat SMA di zaman Hindia Belanda) di Semarang kemudian dilanjutkan ke HBS St. Albertus di Malang. Teman sekolahnya antara lain mantan menteri perdagangan Rahmat Saleh dan mantan gubernur NTT Ben MBoi.




BIDANG USAHA

PT.AQUA bergerak dalam bidang air minum mineral berkemasan . . . .



KEJAYAAN
Perluasan Produksi

Diterimanya AQUA oleh masyarakat luas dan wilayah penjualan yang telah menjangkau seluruh pelosok Indonesia, maka Aqua harus segera meningkatkan kapasitas produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat itu, lisensi untuk memproduksi AQUA diberikan kepada PT Tirta Jayamas Unggul di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984 dan Tirta Dewata Semesta di Mambal, Bali pada tahun 1987. Hal yang sama juga diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Pemberian lisensi ini disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima. Upaya ekspor dirintis sejak medio 1987 dan terus berjalan baik hingga kini mencakup Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika. Total kapasitas produksi dar seluruh pabrik AQUA pada saat ini adalah 1,665 milyar liter per tahun.

41808010029

DWI SETYANI RAHARDJO





0

S.E.M.A.N.G.A.T

Posted by rahardjo setyani on 00.41
Setiap manusia ituwh pasty pernah dalam keadaan dan sikon yang down . .
tiap lo ngerasa gytuwh coba dee lo inget orang tua lo ma orang-orang yang sayang sama loo . .
inget semua cita-cita yang pernah loo abaikan ingat kembali dunia yang pernah loo tinggalin saat lo dapet dunia baruu . . . . .

walopun statement ini agak kedengeran flashback tp guwa yakin loo butuh ituwh semua buat jadi talak ukur kehidupan loo selanjutnya. .

"JEMPUT MASA DEPAN LOO DENGAN HARAPAN DAN SEMANGAT YANG BARUU"
"JANGAN TERLAMPAUU LAMA JATUH DALAM KETERPURUKAN"
"HIDUP LOO SANGAT BERARTI SHOOB"


_AGUSTUS10.BLOGSPOT.COM_

0

1st time

Posted by rahardjo setyani on 00.32
its 1st time for me . . . . .

mulai dari sekarang. . .
hari ini . .
jam ini. . . . .
detik ini . . . .

stand up 4 aLL . . . .

Copyright © 2009 RaHardjo setyani Dwie All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.