0

perencanaan dan implementasi sesuai perkembangan jaman pada tv digital

Posted by rahardjo setyani on 16.57
TV DIGITAL

Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bitdata seperti komputer.

Transisi TV analog ke TV digital
Transisi dari pesawat televisi analog menjadi pesawat televisi digital membutuhkan penggantian perangkat pemancar televisi dan penerima siaran televisi. Agar dapat menerima penyiaran digital, diperlukan pesawat TV digital. Namun, jika ingin tetap menggunakan pesawat televisi analog, penyiaran digital dapat ditangkap dengan alat tambahan yang disebut kotak konverter(Set Top Box). Ketika menggunakan pesawat televisi analog, sinyal penyiaran digital akan dirubah oleh kotak konverter menjadi sinyal analog. Dengan demikian pengguna pesawat televisi analog tetap dapat menikmati siaran televisi digital. Pengguna televisi analog tetap dapat menggunakan siaran analog dan secara perlahan-lahan beralih ke teknologi siaran digital tanpa terputus layanan siaran yang digunakan selama ini.
Proses transisi yang berjalan secara perlahan dapat meminimalkan risiko kerugian terutama yang dihadapi oleh operator televisi dan masyarakat. Resiko tersebut antara lain berupa informasi mengenai program siaran dan perangkat tambahan yang harus dipasang tersebut. Sebelum masyarakat mampu mengganti televisi analognya menjadi televisi digital, masyarakat menerima siaran analog dari pemancar televisi yang menyiarkan siaran televisi digital.
Bagi operator televisi, risiko kerugian berasal dari biaya membangun infrastruktur televisi digital terestrial yang relatif jauh lebih mahal dibandingkan dengan membangun infrastruktur televisi analog. Operator televisi dapat memanfaatkan infrastruktur penyiaran yang telah dibangunnya selama ini seperti studio, bangunan, sumber daya manusia, dan lain sebagainya apabila operator televisi dapat menerapkan pola kerja dengan calon penyelenggara TV digital. Penerapan pola kerja dengan calon penyelenggara digital pada akhirnya menyebabkan operator televisi tidak dihadapkan pada risiko yang berlebihan. Di kemudian hari, penyelenggara penyiaran televisi digital dapat dibedakan ke dalam dua posisi yaitu menjadi penyedia jaringan, serta penyedia isi.
Perpindahan dari sinyal analog ke sinyal digital sudah dilakukan di sejumlah negara maju beberapa tahun yang lalu. Di Jerman, proyek penggunaan sinyal digital dimulai sejak tahun 2003di Berlin dan tahun 2005 di Muenchen. Sementara Perancis dan Inggris telah menghentikan secara total siaran televisi analog mereka. Di Amerika Serikat, melalui Undang-Undang Pengurangan Defisit tahun 2005 yang telah disetujui oleh Kongres, setiap stasiun televisi lokal yang berdaya penuh diminta untuk mematikan saluran analog mereka pada tanggal 17 Februari 2009 dan meneruskan siaran dalam bentuk digital secara eksklusif. Sementara Jepang akan memulai siaran televisi digital secara massal pada tahun 2011.

Perkembangan TV digital di Indonesia
Industri televisi Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1962 dimulai dengan pengiriman teleks dari Presiden Soekarno yang berada di Wina kepada Menteri Penerangan Maladi pada 23 Oktober 1961. Presiden Soekarno memerintah Maladi untuk segera mempersiapkan proyek televisi. TVRI adalah stasiun televisi pertama yang berdiri di Indonesia.
TVRI melakukan siaran percobaan pada 17 Agustus 1962 dengan pemancar cadangan berkekuatan 100 watt. TVRI mengudara untuk pertama kali tanggal 24 Agustus 1962 dalam acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sejak saat itu dirintis pembangunan stasiun televisi daerah pada akhir tahun 1964. Kemudian dibentuk stasiun-stasiun produksi keliling (SPK) tahun 1977 sebagai bagian produksi dan merekam paket acara untuk dikirim dan disiarkan melalui stasiun pusat TVRI Jakarta di beberapa ibu kota provinsi. Konsep SPK diadopsi oleh beberapa stasiun televisi swasta berjaringan tahun 1990-an. Televisi swasta menggunakan kanal frekuensi ultra tinggi (UHF) dengan lebar pita untuk satu program siaran sebesar 8 MHz.
Migrasi dari sistem penyiaran analog ke digital menjadi tuntutan teknologi secara internasional. Aplikasi teknologi digital pada sistem penyiaran televisi mulai dikembangkan di pertengahan tahun 1990-an. Uji coba penyiaran televisi digital dilakukan pada tahun 2000 dengan pengoperasian sistem digital dilakukan bersamaan dengan siaran analog sebagai masa transisi.
Tahun 2006, beberapa pelaku bisnis pertelevisian Indonesia melakukan uji coba siaran televisi digital. PT Super Save Elektronik melakukan uji coba siaran digital bulan April-Mei 2006 di saluran 27 UHF dengan format DMB-T (Cina) sementara TVRI/RCTI melakukan uji coba siaran digital bulan Juli-Oktober 2006 di saluran 34 UHF dengan format DVB-T. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor:07/P/M.KOMINFO/3/2007 tanggal 21 Maret 2007 tentang Standar Penyiaran Digital Terestrial untuk Televisi Tidak Bergerak di Indonesia menetapkan DVB-T ditetapkan sebagai standar penyiaran televisi digital teresterial tidak bergerak.
Stasiun-stasiun televisi swasta memanfaatkan teknologi digital pada sistem penyiaran terutama pada sistem perangkat studio untuk memproduksi, mengedit, merekam, dan menyimpan program. Sementara itu penyelenggara televisi digital memanfaatkan spektrum dalam jumlah besar, dimana menggunakan lebih dari satu kanal transmisi. Penyelenggara berperan sebagai operator jaringan dengan mentransmisikan program stasiun televisi lain secara terestrial menjadi satu paket layanan. Pengiriman sinyal gambar, suara, dan data oleh penyelenggara televisi digital memakai sistem transmisi digital dengan satelit atau yang biasa disebut sebagai siaran TV berlangganan.
TVRI telah melakukan peluncuran siaran televisi digital pertama kali di Indonesia pada 13 Agustus 2008. Pelaksanaan dalam skala yang lebih luas dan melibatkan televisi swasta dapat dilakukan di bulan Maret 2009 dan dipancarkan dari salah satu menara pemancar televisi di Joglo, Jakarta Barat. Sistem penyiaran digital di Indonesia mengadopsi sistem penyiaran video digital standar internasional (DVB) yang dikompresi memakai MPEG-2 dan dipancarkan secara terestrial (DVB-T) pada kanal UHF (di Jakarta di kanal 40, 42, 44 dan 46 UHF) serta berkonsep gratis untuk mengudara. Penerimaan sinyal digital mengharuskan pengguna di rumah untuk menambah kotak konverter hingga pada nantinya berlangsung produksi massal TV digital yang bisa menangkap siaran DVB-T tanpa perlu tambahan kotak konverter.
Selain siaran DVB-T untuk pengguna rumah, dilakukan uji coba siaran video digital berperangkat genggam (DVB-H). Siaran DVB-H menggunakan kanal 24 dan 26 UHF dan dapat diterima oleh perangkat genggam berupa telepon seluler khusus. Keutamaan DVB-H adalah sifat siaran yang kompatibel dengan layar telepon seluler, berteknologi khusus untuk menghemat baterai, dan tahan terhadap gangguan selama perangkat sedang bergerak. Jaringan DVB-H di Indonesia dipercayakan kepada jaringan Nokia-Siemens.
Departemen Komunikasi dan Informasi merencakan untuk mengeluarkan lisensi penyiaran digital pada akhir tahun 2009 bersamaan dengan penghentian pemberian izin untuk siaran televisi analog secara bertahap. Pemerintah telah menetapkan peserta yang mendapat izin frekuensi sementara untuk menyelenggarakan uji coba DVB-T dan DVB-H di Jakarta yaitu :

0

HAKI

Posted by rahardjo setyani on 19.28
Pemasyarakatan HaKI di kalangan pengusaha IKM dimaksudkan untuk menimbulkan kesadaran akan pentingnya daya kreasi dan inovasi intelektual sebagai kemampuan yang perlu diraih oleh para pengusaha industri yang ingin maju sebagai faktor pembentuk kemampuan dayasaing industri. Oleh karena itu karya temuan orang lain yang didaftarkan untuk dilindungi harus dihormati dan dihargai.
Di samping itu kesadaran dan wawasan mengenai HaKI diharapkan akan dapat menimbulkan motivasi dan dorongan agar pengusaha IKM terdorong untuk berkreasi dan ber-inovasi di bidang produk dan teknologi produksi, serta manajemen.
Pelatihan HaKI dimaksudkan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada para pengusaha industri kecil dan menengah, LSM, Yayasan dan Asosiasi, sehingga mereka memperoleh gambaran yang jelas tentang Hak Cipta sebagai karya cipta manusia, Paten serta Merek maupun HaKI lainnya.
TUJUAN
1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta pelatihan dalam peraturan-peraturan, hukum yang berlaku serta sanksi-sanksi dalam penerapan HaKI.
2. Agar para peserta pelatihan mengetahui prosedure penerapan HaKI dan masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan penerapan HaKI.
3. Agar para peserta termotivasi untuk menciptakan hal-hal baru di bidang produk industri yang menyangkut disain, proses produksi serta pemakaian merek sendiri.

0

PROFESI IT

Posted by rahardjo setyani on 19.22
Kode etik profesi Informatikawan merupakan bagian dari etika profesi. Kode etik profesi merupakan lanjutan dari norma-norma yang lebih umum yang telah dibahas dan dirumuskan dalam etika profesi. Kode etik ini lebih memperjelas,mempertegas dan merinci norma-norma ke bentuk yang lebih sempurna walaupun sebenarnya norma-norma terebut sudah tersirat dalam etika profesi. Dengan demikian kode etik profesi adalah sistem norma atau aturan yang ditulis secara jelas dan tegas serta terperinci tentang apa yang baik dan tidak baik, apa yang benar dan apa yang salah dan perbuatan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang profesional. Tujuan utama dari kode etik adalah memberi pelayanan khusus dalam masyarakat tanpa mementingkan kepentingan pribadi atau kelompok. Adapun fungsi dari kode etik profesi adalah :
1. Memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan.
2. Sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan
3. Mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi.

Etika profesi sangatlah dibutuhkan dalam berbagai bidang khususnya bidang teknologi informasi. Kode etik sangat dibutuhkan dalam bidang TI karena kode etik tersebut dapat menentukan apa yang baik dan yang tidak baik serta apakah suatu kegiatan yang dilakukan oleh IT-er itu dapat dikatakan bertanggung jawab atau tidak. Pada jaman sekarang banyak sekali orang di bidang TI menyalahgunakan profesinya untuk merugikan orang lain, contohnya hacker yang sering mencuri uang, password leat computer dengan menggunakan keahlian mereka. Contoh seperti itu harus dijatuhi hukuman yang berlaku sesuai dengan kode etik yang telah disepakati. Dan banyak pula tindakan kejahatan dilakukan di internet selain hacker yaitu cracker, dll. Oleh sebab itu kode etik bagi pengguna internet sangat dibutuhkan pada jaman sekarang ini.
Adapun kode etik yang diharapkan bagi para pengguna internet adalah :

1. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang secara langsung berkaitan dengan masalah pornografi dan nudisme dalam segala bentuk.
2. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang memiliki tendensi menyinggung secara langsung dan negatif masalah suku, agama dan ras (SARA), termasuk di dalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan serta segala bentuk pelanggaran hak atas perseorangan, kelompok / lembaga / institusi lain.
3. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisi instruksi untuk melakukan perbuatan melawan hukum (illegal) positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya.
4. Tidak menampilkan segala bentuk eksploitasi terhadap anak-anak dibawah umur.
5. Tidak mempergunakan, mempublikasikan dan atau saling bertukar materi dan informasi yang memiliki korelasi terhadap kegiatan pirating, hacking dan cracking.
6. Bila mempergunakan script, program, tulisan, gambar / foto, animasi, suara atau bentuk materi dan informasi lainnya yang bukan hasil karya sendiri harus mencantumkan identitas sumber dan pemilik hak cipta bila ada dan bersedia untuk melakukan pencabutan bila ada yang mengajukan keberatan serta bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang mungkin timbul karenanya.
7. Tidak berusaha atau melakukan serangan teknis terhadap produk, sumber daya (resource) dan peralatan yang dimiliki pihak lain.
8. Menghormati etika dan segala macam peraturan yang berlaku di masyarakat internet umumnya dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala muatan / isi situsnya.
9. Untuk kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola, anggota dapat melakukan teguran secara langsung.

Dan walaupun sudah ada kode etik diatas tetapi tidak semua para pengguna internet dan IT-er mematuhi kode etik tersebut diatas. Selain itu juga sanksi UU Teknik Informatika bagi para pelanggar kode etik profesi dalam bidang TI belum begitu tegas dan jelas.

0

GAMBARAN KOMPUTER MASA DEPAN

Posted by rahardjo setyani on 06.23
sesuai dengan perkembanagn zaman dunia It pun mengalami perkembanaga jugaa . . .
dilihat dari perkembangan software dan hardware sangant berkembang pesat . .
mungkin sedikit pemikiran tentang komputer di masa depan . tidak menutup kemungkinan komputer di masa depan dapat menyatu dengan manusia dengan menggunakan Chip heheheh . .
daN mungkin saja komputr esok tidak lagii menggunakan mouse dan dapat menggunakan teknologi touchscreen hiii amiinnn . . . .

pemerintahhh haruss lebiihh memperhatikan serta turut ikut serta dalam pengemnbanagn dunia IT . .

0

KOMPUTER DNA

Posted by rahardjo setyani on 05.53
SEDIKIT PENGETAHUAN TENTANG KOMPUTER DNA

Alkisah ada seorang ilmuwan komputer yang bekerja di University of
Southern California, bernama Leonard M. Adleman. Suatu malam Adleman
sedang asyik membaca buku biologi, Molecular Biology of the Gene, yang ditulis
oleh James Watson, ahli biologi yang pernah memenangkan Nobel pada tahun
1962 atas penemuan struktur DNA Double-Helix pada tahun 1953. Ia sangat
terpesona dengan isi buku tersebut, sampai-sampai ia tidak bisa tidur malam itu.
Bayangan rantai DNA yang berpilin terus saja mengusik pikirannya. Tiba-tiba
Adleman lompat dari tempat tidurnya. Terjadi pencerahan! Ia menyadari sesuatu
yang sangat menarik: Sel hidup manusia mengolah dan menyimpan informasi
dengan cara yang sangat mirip dengan program komputer!

Ada satu rahasia yang merupakan keunggulan utama komputer DNA.
Enzim-enzim yang terlibat bekerja secara paralel. Komputer klasik membaca dan
mengolah data secara linier (berurutan). Melibatkan data dalam jumlah besar,
komputer klasik akan sangat kerepotan mengolah data-data yang luar biasa
banyaknya. Proses perhitungan membutuhkan waktu sangat lama karena
dilakukan satu per satu. Di sinilah keunggulan komputer DNA! Untuk jumlah data
yang sangat banyak, komputer DNA dapat melakukan perhitungan jauh lebih
cepat karena semua prosesnya dilakukan secara paralel (bersamaan). Ukuran
molekul DNA yang sangat kecil juga merupakan keunggulan komputer masa
depan ini. 1 gram DNA yang sudah dikeringkan memiliki kapasitas menyimpan
informasi dalam jumlah yang sama dengan 1 trilyun CD (Compact Disc). Padahal
1 gram DNA kering itu ukurannya hanya sebesar butiran gula pasir! Dengan
semakin majunya perkembangan teknologi, jumlah data dan informasi pun
semakin bertambah.

2

Setelah lulus mercu buana

Posted by rahardjo setyani on 06.53
nama saya dwi.. tapi teman-teman biasa panggil saya wiwi.. hhai..
emph saya kuliah di universitas mercubuana tepatnya di jurusan sistem informasi..
saat ini saya sudah duduk di semester 3..
sekarang jika membicarakan tentang masa depan saya atau tentang pekerjaan saya ketika saya lulus dari jurusan sistem informasi akan ada banyak kemungkinan menjadi orang seperti apa saya kemudian...
tetapi jika dilihat dari bakat, kemampuan , cita-cita dan kenginan saya, saya sudah bisa melihat menjadi orang seperti apakah saya.
saya mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi seorang manajer yang mempunyai skill di atas rata2 dan dicintai oleh orang-orang di sekitar saya sekaligus menjadi pribadi yang menyenangkan. hoho ^0^
dalam jurusan sistem informasi saya mendapatkan banyak hal yang sangat bermanfaat diantaraNya yaitu softskill daN hardskill .
ilmu tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan membantu saya untuk menggapai keinginan saya untuk menjadi seorang manager.

DemikianLah sedikit coretan tangan yang menggambarkan betapa kuatnya keinginan saya untuk menggapai masa depan dari jurusan sistem informasi universitas mercubuana ini..
sekian dan terima kasih.. semoga keinginan saya tercapai (^,^)

0

KFC . . .

Posted by rahardjo setyani on 02.09
SEJARAH . . .
Harland D. Sanders lahir pada tahun 1890 di sebuah ladang yang berdekatan dengan Hendryville, Indiana. Ayahnya meninggal ketika ia berusia enam tahun. Itu menyebabkan ibunya harus bekerja sebagai tukang jahit baju sedangkan ia juga terpaksa menjaga adik - adiknya yang masih kecil. Pada saat itulah ibunya mengajarkan seni masakan daerah.

Tidak berapa lama setelah ibunya kawin lagi, Harland D. Sanders yang pada saat itu berusia 12 tahun telah berhenti sekolah. Dia keluar rumah untuk mulai bekerja. Di antara pekerjaan awalnya termasuk bertani, penyelia pekerjaan landasan kereta api, kondektur, penjual asuransi, masinis, kapal uap, dan masih banyak lagi. Akhirnya, Harland D. Sanders membuka sebuah terminal layanan yang sukses di mana dia menyediakan masakan istimewa kepada para pelanggan - ayam goreng, semeja 6 orang.

Nampaknya nasib malang merupakan teman setia Sanders. Pada tahun 1939, bisnisnya terpuruk dan nyaris bangkrut. Tanpa rasa putus asa, Sanders mendirikan sebuah restoran dan motel dengan gaya baru. Siapa pun yang ingin mengunakan telepon umum atau hendak ke toilet wanita harus melalui replika kamar motelnya yang terdapat di situ.

Iklan ini sukses untuk mengembangkan bisnis motelnya. Ketika pendapatan yang di peroleh agak bagus, satu masalah lain muncul. Ada jalan raya baru yang membuat semua pelanggan lebih suka lewat jalan baru itu sehingah tidak melewati motelnya. Tingkat hunian motel mulai merosot, dan Sanders melelang semua bisnisnya . Namun hasil jualannya hanya cukup untuk membayar hutang yang ada.

Meski Harland D. Sanders sudah berusia 66 tahun ketika itu, ia tidak mempunyai apa-apa yang dapat dibanggakan. Dengan hidup di bawah tanggungan dinas sosial, Sanders berencana mencari segmen pasar baru yang sesuai. Satu-satunya harta paling bernilai yang dimilikinya adalah resep rahasia yang di beri nama "ayam goreng kentucky".

Menjelang tahun 1956, Sanders telah berhasil meyakinkan belasan restoran guna memasak dan menjual ayam goreng Kentucky ; dan memberinya US 4 sen sebagai royalti untuk setiap potong ayam goreng yang terjual. Gembira dengan kesuksesan yang di peroleh, Sanders lalu memuati mobil pikap model 1946 miliknya dengan 50 resep ramuan bumbu dan sebuah periuk untuk ditawarkan kepada beberapa orang yang mau membeli waralaba resepnya. Menjelang tahun 1960, sebanyak 400 buah restoran di Amerika dan Kanada telah meyediakan ayam goreng Kentucky.

Dalam waktu 4 tahun, jumlah tempat jualan ayam goreng Kentucky telah meningkat menjadi 650 restoran dengan omset penjualan per tahun bernilai US$37 juta. Saat ini terdapat hampir 10.000 restoran ayam goreng kentucky di seluruh dunia dengan lebih dari 200.000 karyawan dan omset penjualan per tahun lebih dari US$8.2 milyar.

Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.


BADAN USAHA . . .
KFC Indonesia Franchise


PT. Fastfood Indonesia Tbk. Adalah sebuah badan usaha yang didirikan oleh Kelompok Gelael pada tahun 1978, dan dengan bergabungnya Kelompok Salim pada tahun 1990, terdaftar sebagai perusahaan public pada tahun 1994. operasi restoran pertama pada bulan Oktober 1979 berawal dari pembukuan restoran pertama di Jalan Melawai, Jakarta.

Suskses restoran QSR (Quick Service Restaurant) asing pertam aini kemudian diikuti dengan penambahan ini kemudian diikuti dengan penambahan restoran ke kota-kota besar lainya di Indonesia. Sebagai pemegang hak waralaba tunggal pada saat ini, Perseroan terus membangun KFC brand, dan berbekal 26 tahun kesuksesannya di bidang ini telah menjadikan KFC pemimpin pasar restoran cepat saji yang dominant dan dikenal luas. Pada saat ini memiliki 270 restoran termasuk 1 unit mobile catering yang terbesar di 60 kota di Indonesia, dan memperkerjakan 10.293 karyawan dengan total penjualan lebih dari Rp. 1,276 triliun pada akhir 2006.






WARALABA . . .
Informasi Waralaba KFC Untuk saat ini kami tidak melakukan kerjasama dalam bentuk sub-waralaba untuk merek KFC, kecuali kerjasama dalam bentuk lain, yaitu :

1. Kerjasama Sewa lokasi.
2. Kerjasama investasi (tidak termasuk gedung/bangunan)
3. Kerjasama investasi (termasuk gedung/bangunan)

KEJAYAAN . .
pencipta resep ayam KFC mencapai kejayaan pada umur 60 tahun. 2 bulan lalu

1

carrefour

Posted by rahardjo setyani on 22.16
PENDIRI . . . .
Pada akhir 1960-an, saat pendiri Wal-Mart, Sam Walton, masih menjadi pekerja di Bentonville (Arkansas), Carrefour membuka hipermarket pertama di dunia, toko-toko ritel yang luas yang menjual segala hal mulai dari daun salada hingga pemotong rumput. Sejak itu, perusahaan ini menggunakan laba yang besar dari hipermarketnya di Perancis untuk membangun kerajaan ritel paling luas di dunia, dengan memiliki lebih dari 10.400 toko di 29 negara. Wal-Mart, sebaliknya hanya beroperasi di 10 negara.

Namun kini, fondasi kekaisaran Carrefour terlihat goyah. Semakin lama, konsumen Perancis lebih memilih jaringan diskon seperti Aldi dan Lidl dari Jerman. Kondisi ini menekan laba Carrefour, tepat di saat grup ini tengah menghadapi persaingan yang lebih sengit di luar negeri. Carrefour belum lama ini menyiratkan akan menarik diri dari beberapa negara dimana Carrefour sulit bertahan, untuk berkonsentrasi pada pasar kunci di Asia dan Amerika Latin. Terbetik pula kabar bahwa CEO, Daniel Bernard mungkin bakal digantiatau bahkan Wal-Mart akan menawar peritel Perancis yang sedang kesulitan ini.

Masalah terbesar Carrefour ada di dalam negerinya, yang menyumbang setengah penjualan dan dua pertiga laba. Pada akhir September, saham Carrefour turun hampir 7% sejak sebuah laporan dari periset Secodip menunjukkan bahwa hipermarket perusahaan ini di Perancis kembali kehilangan 0,7 o pangsa pasar pada Juli dan Agustus, meski telah ada upaya penurunan harga. CEO Bernard meremehkan penurunan itu dengan meramalkan kenaikan mantap seiring dengan mendekatnya musim liburan yang penting bagi semua peritel.

"Kami melakukan segala hal yang perlu dilakukan untuk membangkitkan pasar," ujarnya. Mungkin. Tapi lima tahun setelah akuisisi terhadap Promodes - pesaingnya asal Perancisyang mengangkat Carrefour ke posisi No.2 di dunia, angka-angka yang dicatat perusahaan ini tak tampak menggembirakan. Dengan laba operasional $4 miliar tahun lalu, margin operasional Carrefour hanya 4,6%, kalah dari Wal-Mart yang 6,2 0. Penjualan di toko yang telah berusia lebih dari setahun (same-store sales) di hipermarketnya di Perancis turun 4% selama kuartal I tahun ini, dan 3,8% selama kuartal II.

Hal ini mengkhawatirkan terutama karena Carrefour bersiap melakukan ekspansi senilai $3,6 miliar sepanjang tahun depan; sebagian besar di Cina dan Korsel, dimana Carrefour bersaing langsung dengan WalMart. Untuk sementara ini, Carrefour jauh berada di depan Wal-Mart di Asia. Tapi Carrefour belum mengejar Wal-Mart dalam hal manajemen rantai pasokan, proses rumit yang membutuhkan kerja sama dengan pemasok untuk memajang barang yang tepat pada saat yang tepat pula dengan biaya terkecil. Risikonya adalah Wal-Mart bisa lebih dulu menjual dengan harga lebih murah daripada Carrefour bukan hanya di Asia melainkan juga di Brasil, di mana WalMart belum lama ini mengakuisisi jaringan Bompre~o yang terdiri dari 118 toko dari peritel Ahold asal Belanda.

Regulasi pemerintah menjadi penyebab utama masalah Carrefour. Di Pe~ Pada pertengahan 1990-an, Perancis menggolkan UU yang mewajibkan grosir toko c makanan untuk menawarkan • harga yang sama kepada meni seluruh peritel. "Tujuannya adalah untuk melindungi produsen makanan dan toko makanan kecil dengan mencegah jaringan toko besar memanfaatkan ukuran (bisnis) mereka untuk menarik diskon besar dari grosir-sebuah strategi yang dipakai Wal Mart. Namun UU ini menciptakan celah bagi jaringan toko diskon, yang mengakali pembatasan ini dengan memasok mereknya sendiri (private-laben yang tak dijual di tempat lain. Sebagian besar dari barang tersebut dihargai 40% lebih murah dari produk serupa di Carrefour


BIDANG USAHA . . .
Carefour bergerak dalam bidang usaha penjualan perlengkapan kebutuhan sehari-hari dapat juga disebut pasar modern . .

KEJAYAAN . . .
Sejak pertengahan 2008, Carrefour memasarkan produk UMKM di Gerai UMKM di dua Carrefour yaitu Carrefour MT Haryono, Jakarta Timur dan Carrefour Lebak Bulus. "Kami akan mencoba terus mengembangkannya. Selain itu kami juga akan memberikan keringanan bagi pelaku UMKM dan akan kami sesuaikan dengan kemampuan mereka. Karena tidak mungkin menyamakan pelaku UMKM dengan pelaku usaha besar," katanya.

WARALABA . . .
Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan.

2

carrefour

Posted by rahardjo setyani on 22.16
PENDIRI . . . .
Pada akhir 1960-an, saat pendiri Wal-Mart, Sam Walton, masih menjadi pekerja di Bentonville (Arkansas), Carrefour membuka hipermarket pertama di dunia, toko-toko ritel yang luas yang menjual segala hal mulai dari daun salada hingga pemotong rumput. Sejak itu, perusahaan ini menggunakan laba yang besar dari hipermarketnya di Perancis untuk membangun kerajaan ritel paling luas di dunia, dengan memiliki lebih dari 10.400 toko di 29 negara. Wal-Mart, sebaliknya hanya beroperasi di 10 negara.

Namun kini, fondasi kekaisaran Carrefour terlihat goyah. Semakin lama, konsumen Perancis lebih memilih jaringan diskon seperti Aldi dan Lidl dari Jerman. Kondisi ini menekan laba Carrefour, tepat di saat grup ini tengah menghadapi persaingan yang lebih sengit di luar negeri. Carrefour belum lama ini menyiratkan akan menarik diri dari beberapa negara dimana Carrefour sulit bertahan, untuk berkonsentrasi pada pasar kunci di Asia dan Amerika Latin. Terbetik pula kabar bahwa CEO, Daniel Bernard mungkin bakal digantiatau bahkan Wal-Mart akan menawar peritel Perancis yang sedang kesulitan ini.

Masalah terbesar Carrefour ada di dalam negerinya, yang menyumbang setengah penjualan dan dua pertiga laba. Pada akhir September, saham Carrefour turun hampir 7% sejak sebuah laporan dari periset Secodip menunjukkan bahwa hipermarket perusahaan ini di Perancis kembali kehilangan 0,7 o pangsa pasar pada Juli dan Agustus, meski telah ada upaya penurunan harga. CEO Bernard meremehkan penurunan itu dengan meramalkan kenaikan mantap seiring dengan mendekatnya musim liburan yang penting bagi semua peritel.

"Kami melakukan segala hal yang perlu dilakukan untuk membangkitkan pasar," ujarnya. Mungkin. Tapi lima tahun setelah akuisisi terhadap Promodes - pesaingnya asal Perancisyang mengangkat Carrefour ke posisi No.2 di dunia, angka-angka yang dicatat perusahaan ini tak tampak menggembirakan. Dengan laba operasional $4 miliar tahun lalu, margin operasional Carrefour hanya 4,6%, kalah dari Wal-Mart yang 6,2 0. Penjualan di toko yang telah berusia lebih dari setahun (same-store sales) di hipermarketnya di Perancis turun 4% selama kuartal I tahun ini, dan 3,8% selama kuartal II.

Hal ini mengkhawatirkan terutama karena Carrefour bersiap melakukan ekspansi senilai $3,6 miliar sepanjang tahun depan; sebagian besar di Cina dan Korsel, dimana Carrefour bersaing langsung dengan WalMart. Untuk sementara ini, Carrefour jauh berada di depan Wal-Mart di Asia. Tapi Carrefour belum mengejar Wal-Mart dalam hal manajemen rantai pasokan, proses rumit yang membutuhkan kerja sama dengan pemasok untuk memajang barang yang tepat pada saat yang tepat pula dengan biaya terkecil. Risikonya adalah Wal-Mart bisa lebih dulu menjual dengan harga lebih murah daripada Carrefour bukan hanya di Asia melainkan juga di Brasil, di mana WalMart belum lama ini mengakuisisi jaringan Bompre~o yang terdiri dari 118 toko dari peritel Ahold asal Belanda.

Regulasi pemerintah menjadi penyebab utama masalah Carrefour. Di Pe~ Pada pertengahan 1990-an, Perancis menggolkan UU yang mewajibkan grosir toko c makanan untuk menawarkan • harga yang sama kepada meni seluruh peritel. "Tujuannya adalah untuk melindungi produsen makanan dan toko makanan kecil dengan mencegah jaringan toko besar memanfaatkan ukuran (bisnis) mereka untuk menarik diskon besar dari grosir-sebuah strategi yang dipakai Wal Mart. Namun UU ini menciptakan celah bagi jaringan toko diskon, yang mengakali pembatasan ini dengan memasok mereknya sendiri (private-laben yang tak dijual di tempat lain. Sebagian besar dari barang tersebut dihargai 40% lebih murah dari produk serupa di Carrefour


BIDANG USAHA . . .
Carefour bergerak dalam bidang usaha penjualan perlengkapan kebutuhan sehari-hari dapat juga disebut pasar modern . .

KEJAYAAN . . .
Sejak pertengahan 2008, Carrefour memasarkan produk UMKM di Gerai UMKM di dua Carrefour yaitu Carrefour MT Haryono, Jakarta Timur dan Carrefour Lebak Bulus. "Kami akan mencoba terus mengembangkannya. Selain itu kami juga akan memberikan keringanan bagi pelaku UMKM dan akan kami sesuaikan dengan kemampuan mereka. Karena tidak mungkin menyamakan pelaku UMKM dengan pelaku usaha besar," katanya.

WARALABA . . .
Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan. Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menilai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot produk-produk Prancis dan Carrefour merupakan hak mereka. Pihak Carrefour sendiri tidak mau terlibat dalam perdebatan yang berbau agama.

"Itu merupakan hak mereka untuk mengungkapkan opini mereka. Tapi, opini itu sebaiknya berdasarkan fakta," ujar Irawan kepada Tempo, Senin (30/3). Namun, Irawan tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai seruan Kesatuan Umat Beragama Anti-Buddha Bar untuk memboikot Carrefour.

Saat berunjuk rasa di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, koordinator aksi anti Buddha-Bar, Eko Nugroho, mengatakan seruan boikot ini karena kekecewaan mereka terhadap franchise atau waralaba asal Prancis termasuk Buddha Bar. "Waralaba lain seperti Carrefour juga jangan diakomodasi," kata Eko, Senin (30/3).

Carrefour sendiri adalah waralaba hipermarket dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, Carrefour berarti persimpangan jalan.

0

MATAHARI DEPARTMENT STORE

Posted by rahardjo setyani on 18.41
SJARAH BERDIRINYA . . .
Pendiri (founding father) Matahari, Hari Darmawan, pasti tidak membayangkan dari sebuah toko kecil di Pasar Baru, Jakarta, pada 1958, Matahari kini menjadi pe-retail paling eksis dengan 86 Matahari Department Store, 45 Hypermart, 26 Foodmart, 52 Boston Health & Beauty Center, lima Timer Bookstore, 90 Timezone, dan memiliki lebih dari 5 juta anggota Matahari Club Card (MCC).Presiden Direktur PT Matahari Putra Prima Tbk., Benjamin J. Mailool,

BIDANG USAHA …
Matahari department store adalah sebuah jaringan toserba yang menjual baju dan bahan pakaian lainnya. 79 jaringan toko ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian jaringan toko Matahari mempunyai ritel supermarket termasuk toko farmasinya. Matahari adalah salah satu perusahaan ritel yang terkenal di Indonesia, di samping ritel toko Mitra Adhiperkasa. Ini karena harganya lebih murah daripada Sogo atau Debenhams. Matahari juga menjula bahan bahan yang dijual di toserba lainnya seperti:
• Kosmetik
• Parfum
• Pakaian Wanita
• Pakaian Pria
• Pakaian Remaja
• Pakaian Anak dan bayi
• Pakaian Dalam
• Sepatu dan Sandal
• Kaca Mata
• Topi dan pakaian kepala
• Maianan anak dan bayi
• Bahan Antik
• Lampu Rumah
• Ornamen dan dekorasi rumah






KEJAYAAN . . .
Presiden Direktur PT Matahari Putra Prima Tbk., Benjamin J. Mailool, yang dikutip dari Berita Matahari mengatakan di akhir tahun 2008 penjualan terus meningkat dan diproyeksikan mencapai Rp11 triliun, yang berarti kenaikan penjualan hampir 200%. Pencapaian ini terjadi karena Matahari memiliki dua pilar bisnis inti, yakni Matahari Department Store (MDS) dan Matahari Food Business (MFB).
Pemisahan lini bisnis MFB dan MDS pada 2002 terbukti sebagai strategi tepat dalam memfasilitasi pertumbuhan dan peningkatan kompetensi. "Pada tahun 2008, Matahari berhasil mencapai pertumbuhan tingkat penjualan mendekati 25% dan profitability yang jauh lebih besar dari tahun 2007," kata Benjamin J. Mailool.
Potensi pengembangan retail baru di luar Jawa, menurut Benjamin, sangat potensial. Perubahan gaya hidup berbelanja yang lebih modern, one stop shopping, dan preferensi penggunaan kartu kredit menjadi penopang industri retail, sehingga makin menarik dan bergairah.
Kondisi tersebut, kata Benjamin, menjadikan dunia retail modern menjadi primadona. Itu sebabnya, meski krisis melanda, Matahari optimistis mampu melewati masa-masa sulit ini. "Kami didukung lebih dari 5 juta loyal customer dan memiliki manajemen, stan, dan infrastruktur yang andal," kata Benjamin.n .

WARALABA MATAHARI DEPARTMENT STORE . . .
waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI)
mataharii mmberikan hak untuk para penyupply untuk barang yang akan dijual dimatahari. Dan berbagii keuntungan setelah penjualan.

0

PT.AQUA

Posted by rahardjo setyani on 22.26

PT.Aqua Group

*Sejarah PT Aqua

Aqua lahir atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994). Beliau menggagas lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Pebruari 1973.

Kegiatan fisik perusahaan dimulai pada bulan Agustus 1973, ditandai dengan pembangunan pabrik di kawasan Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Percobaan produksi dilaksanakan pada bulan Agustus1974 dan produk komersil dimulai sejak tanggal 1 Oktober 1974 dengan kapasitas produksi 6 juta liter setahun. Produk pertamanya adalah AQUA botol kaca 950 ml yang kemudian disusul dengan kemasan AQUA 5 galon, pada waktu itu juga masih terbuat dari kaca.

Tahun 1974 hingga tahun 1978 merupakan masa-masa sulit karena masih rendahnya tingkat permintaan masyarakat terhadap produk AQUA. Dengan berbagai upaya dan kerja keras, AQUA mulai dikenal masyarakat, sehingga penjualan dapat ditingkatkan dan akhirnya titik impas berhasil dicapai pada tahun 1978.

Saat itu merupakan titik awal perkembangan pesat produk AQUA yang selanjutnya terus berkembang hingga sekarang.

Semula produk AQUA ditujukan untuk masyarakat golongan menengah atas, baik perkantoran maupun rumah tangga dan restoran. Namun, saat berbagai jenis kemasan baru : 1500ml, 500ml, 220ml, dari kemasan plastik mulai diproduksi sejak 1981, maka produk AQUA dapat terjangkau oleh masyarakat luas, karena mudahnya transportasi dan harga terjangkau.

Mata Air Pegunungan yang mengalir sendiri

Pada tahun 1981, AQUA memutuskan untuk mengganti bahan baku yang semula dari sumur bor ke mata iar pegunungan yang mengalir sendiri (self flowing spring).

Perluasan Produksi

Diterimanya AQUA oleh masyarakat luas dan wilayah penjualan yang telah menjangkau seluruh pelosok Indonesia, maka Aqua harus segera meningkatkan kapasitas produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat itu, lisensi untuk memproduksi AQUA diberikan kepada PT Tirta Jayamas Unggul di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984 dan Tirta Dewata Semesta di Mambal, Bali pada tahun 1987. Hal yang sama juga diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Pemberian lisensi ini disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima. Upaya ekspor dirintis sejak medio 1987 dan terus berjalan baik hingga kini mencakup Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika. Total kapasitas produksi dar seluruh pabrik AQUA pada saat ini adalah 1,665 milyar liter per tahun.

Pabrik di luar Negeri

Di luar negeri, tepatnya Filipina, dijalin pula kerja sama untuk memproduksi AQUA, yang telah berproduksi sejak awal 1998. Sedangkan di Brunei Darussalam, pada tahun 1991 dilakukan kerja sama dengan membentuk IBIC Sdn. Bhd untuk memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek SEHAT. Nama dipilih karena tidak adanya sumber mata air pegunungan yang memenuhi standar produksi AQUA, sehingga bahan bakunya diambil dari sumur bor. Karena itu nama AQUA tidak digunakan.

Jenis Kemasan

Saat ini produk AQUA terdiri dari beraneka kemasan dan ukuran, baik kemasan sekali pakai (disposable) maupun kemasan ulang-alik (returnable).

• Kemasan sekali pakai terdiri atas:

- Botol PET (Poly Ethelene Terephthalate) :

1500 ml, 625 ml, 600 ml, 330 ml

- Gelas plastik PP (Poly Propelene) :

240 ml

• Kemasan sekali pakai terdiri atas:

- Botol Kaca: 375 ml

- Botol PC (Poly Carbonate): 5 Galon (19 lt)

Semula AQUA memproduksi botol-botol plastiknya memakai bahan PVC (Poly Vinyl Chloride) yang kurang ramah lingkungan karena menimbulkan hujan asam bilamana dibakar. Pada tahun 1988 AQUA mengganti mesin produksi dan bahan bakunya dengan PET, sedangkan di Eropa pada saat itu masih memakai PVC. AQUA lah yang pertama-tama merubah botol bulat disain Eropa menjadi persegi dan bergaris agar mudah dipegang. Botol PET ciptaan AQUA ini sekarang menjadi standar dunia. Demikian pula dengan gelas plastik 240 ml yang semula berukuran 220 ml, diciptakan oleh Research & Development AQUA dan sekarang menjadi teramat popular di Indonesia.

Go Public

Pada saat perusahaan go-public pada tanggal 1 Maret 1990 makan nama P.T. Golden Mississippi dirubah menjadi P.T. Aqua Golden Mississippi.

Sertifikasi dan Penghargaan

Pada tahun 1994 dan 1995, AQUA adalah AMDK pertama yang berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9002 untuk pabrik Bekasi, Citeureup dan Mekarsari. Menyusul kemudian pabrik Pandaan, pabrik Mambal, pabrik Subang, dan pabrik Berastagi. Semua pabrik AQUA sedang di proses untuk mendapatkan sertifikasiISO 9002. Sertifikasi lain ayng telah diperoleh yaitu untuk Good Manufacturing Pratices atau Cara Produksi yang baik dari NSF (National Sanitation Foundation). Pabrik yang telah memperoleh sertifikasi ini adalah pabrik Bekasi, Citeureup, Mekarsari dan Pandaan. Kedua setifikasi ini diberikan kepada perusahaan AMDK di Indonesia. Pada awal 1999, AQUA berhasil memperoleh sertifikat SMK3 (Sertifikat Mutu Kesehatan dan keselamatan kerja) dan pada bulan Oktober 19999, 5 pabrik AQUA di Bekasi, Bogor, Sukabumi, Pandaan dan Bali memperoleh sertifikat HACPP (Hazard Abalysis Critical Control Point) dari SGS, Holland. HACCP adalah suatu metoda untuk mengontrol proses produksi yang bisa mengakibatkan menurunnya kualitas produksi.

Pada tahun 1986, AQUA meraih “Asia Star Award” dari Tokyo, jepang. Dan pada thaun 1991 berhasil meraih “Management Award 1991” kategori manajemen umum dalam program yang diselenggarakan oleh World Executive’s Digest bersama Asian Institute of Management dan Japan Airlines.

Penghargaan lain yang diterima berupa “Piala Nusa Adi Kualita” untuk kualitas manajemen perusahaan terbaik dari Kadin Jaya, dan penghargaan sebagai Peserta Terbaik pada Penilaian Penerapan Cara Produksi yang Baik, untuk kelompok industri air minum dalam kemasan, dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia pada tahun 1997. Pada kwartal akhir tahun 1999, hasil survey independen dari majalah Readers Digest di Singapura menempatkan produk AQUA sebagai “Superbrand 1999” yang paling dikenal dan dipercaya mutunya.

AQUA dan Olahraga

Nyaris tiada kegiatan olahraga penting yang tidak dihadiri oleh AQUA. Merek AQUA amat dikenal di Indonesia, ASEAN bahkan Eropa melalui PON, Pesta Sukan, Pencak Silat, Sea Games, Thomas Uber Cup, World Cup, Sudirman Cup, World Golf Competition dan sebagainya. AQUA mendirikan beberapa diklat bulutangkis “AQUA PUSPITA” dikota-kota Jakarta, Surabaya, Denpasar untuk membina bibit-bibit muda diperbulutangkisan. Keterlibatan AQUA didunia olahraga telah beberapa kali menghasilkan penghargaan bagi Perusahaan.

AQUA dan Peristiwa Nasional Kenegaraan

Adalah merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi AQUA dapat menemani setiap peristiwa bersejarah di Indonesia seperti pertemuan Presiden Amerika Ronald Reagen di Bali, APEC(Asia Pacific Economic Conference) dan KTT (Konference Tingkat Tinggi Dunia) di Jakarta, Peringatan Hari Kemerdekaan setiap tahun di Istana Negara dan berbagai peristiwa bersejarah lainnya.

VIT (PT. Varia Industri Tirta)

Pada tanggal 17 Juli 1987, Tirto Utomo mengakuisisi PT. Varia Industri Trita yang memproduksi AMDK merek VIT dan merupakan merek kedua dari grup AQUA. Saat ini total kapasitas produksi VIT 287 juta liter setahun,

IBWA (International Bottled Water Association)

Di Amerika AQUA mendapatkan “AQUA Awards” tahun 1985 – 1989 secara berturut-turut untuk bidang periklanan, promosi dan Public Relations. PT. Aqua Golden Mississippi juga merupaka kantor secretariat Association (IBWA), untuk kawasan Asia, Timur Tengah dan Afrika Utara semenjak bulan September 1992, di samping menjadi anggota Direksi dan Council di Amerika Serikat dan di Eropa.

Hall of Fame

Komitmen dan keterlibatan almarhum Tirto Utomo dalam industri AMDK yang dirintisnya menjadi sorotan dunia dan pada bulan Oktober 1992, di Cincinnati, USA, almarhum Tirto Utomo dinobatkan sebagai tokoh pencetus dan penggerak industri AMDK dikawasan Asia dan Timur Tengah dan masuk dalam “Hall of Fame” industri bottled Water. Beliau adalah orang Asia pertama yang memperoleh penghargaan tersebut, dan dipilih dari nominasi yang berasal dari Asia, Amerika, Australia, Canada, Eropa, Amerika Serikat dan Latin Amerika.

PT. Tirta Investama (AQUA Group)

Pada tanggal 16 Juni 1994, dibentuk P.T. TIRTA INVESTAMA sebagai induk yang mengayomi unit-unit produksi AQUA yang tersebar diseluruh Indonesia dan sekarang menjadi lebih dikenal sebagai AQUA Group, dengan total jumlah karyawan lebih dari 7,400 orang.

Pemimpin Pasar
Hasil survei dari Zenith International dari Inggris sebuah badan riset internasional yang telah melakukan survei selama hampir sembilan bulan untuk IBWA, mengesahkan bahwa merek AMDK AQUA dari Indonesia adalah merek AMDK terbesar di wilayah Asia – Timur Tengah – Pasifik dengan total penjualan sebesar 1,040 juta liter ditahun 1998 dan sekitar 1,190 juta liter ditahun 1999 dan dengan demikian diakui sebgai AMDK nomor dua di dunia setelah merek EVIAN. Sebuah prestasi besar bagi sebuah perusahaan negara berkembang yang baru berkiprah selama 25 tahun di industri ini dan yang mengalami badai politik dan ekonomi yang berat.
http://www.geocities.com/evasbp_99/aqua/images/icon_graphic.gif







  • Disamping ini ilustrasi sejarah perkembangan merek AQUA semenjak tahun pertaPengukuran kinerja keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan

menggunakan teknik rasio keuangan dan Economic Value Added (EVA). Analisa
kinerja keuangan PT Aqua Golden Mississippi, tbk menggunakan data-data
prospektus dan laporan tahunan yang diterbitkan oleh perusahaan.
Dalam tesis ini penulis membahas mengenai penerapan dan peran metoda
EVA dibandingkan dengan metoda analisa rasio keuangan dalam menganalisa
kinerja keuangan perusahaan yang bergerak di bidang industri air mineral.
Kegiatan usaha dari PT Aqua Golden Mississippi, tbk tersebut adalah
memproduksi air minum mineral dalam berbagai kemasan dan mendistribusikan
produk-produk hasil usahanya sampai ke mancanegara.
Data-data tahun 1996 sampai dengan 2000 yang diambil selama periode
pengamatan ternyata menunjukkan bahwa pada periode tahun 1996 sampai
dengan 1999 EVA yang dihasilkan oleh PT Aqua Golden Mississippi, tbk
memberikan nilai yang negatif. Hal ini menunjukkan bahwa PT Aqua Golden
Mississippi, tbk selama tahun 1996 sampai dengan tahun 1999 belum mampu
menghasilkan return (tingkat pengembalian investasi) di atas risiko yang harus
ditanggung perusahaan (biaya modal atau cost of capital), sehingga investasi pada
PT Aqua Golden Mississippi, tbk bisa dikatakan tidak dapat melakukan
penciptaan nilai ekonomis selama periode tahun 1996 sampai dengan tahun 1999.
Dengan kata lain, selama periode tahun 1996 sampai dengan tahun 1999, PT
Aqua Golden Mississippi, tbk beroperasi dengan kondisi kinerja keuangan yang
tidak bagus. Penyebab nilai EVA negatif selama periode ini adalah adanya tingkat
suku bunga bank yang tinggi akibat gelombang krisis ekonomi dan resiko saham
perusahaan relatif terhadap indeks pasar jauh dibawah angka 1 (yaitu tahun 1996
= -1,14 ; tahun 1997 = 0,44 ; tahun 1998 = 0,39 ; tahun 1999 = 0,16). Baru di
tahun 2000 nilai EVA PT Aqua Golden Mississippi, tbk mempunyai nilai positif
yaitu sebesar Rp 27.988.198.951,-. Hal ini menunjukkan bahwa PT Aqua
Golden Mississippi, tbk untuk tahun 2000 mampu menghasilkan return di atas
risiko yang harus ditanggung perusahaan. Penyebab nilai EVA positif pada tahun
ini adalah adanya tingkat suku bunga bank yang sudah mulai stabil dimana
gelombang krisis ekonomi sudah mulai mereda dan resiko saham perusahaan
relatif terhadap indeks pasar mendekati angka 1 yaitu 0,88.
Pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan analisa ratio
keuangan tidaklah dapat menunjukkan bahwa selama periode tahun 1996 sampai
dengan tahun 1999 perusahaan mempunyai kinerja yang buruk, karena selama
periode tahun tersebut perusahaan tidak dapat menciptakan nilai ekonomis. Hal
inilah yang menunjukkan bahwa metoda EVA mempunyai kelebihan dalam
mengukur kinerja perusahaan dibandingkan dengan analisa rasio keuangan.
Namun dalam hal ini analisa rasio keuangan tetap diperlukan untuk mengetahui
seluruh kondisi keuangan perusahaan.
Dari analisa ini, juga dapat dilihat bahwa metoda EVA sebagai salah satu
alat ukur kinerja keuangan perusahaan berperan sebagai salah satu alat ukur untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja ya ng dapat menyebabkan perusahaan berhasil
menciptakan nilai atau tidak dapat menciptakan nilai. Dan dengan metoda EVA
ini juga dapat dideteksi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi atau
menghambat pencapaian tujuan utama perusahaan yaitu memaksimalkan
kesejahteraan para pemegang sahamnya.ma produksi di tahun 1974 sampai tahun 1999.

*PENDIRI



Sosok pendiri AQUA, Tirto Utomo, dilahirkan di Wonosobo, Jawa Tengah tanggal 8 Maret 1930. Karena di Wonosobo tidak ada SMP maka Tirto Utomo harus bersekolah di Magelang yang berjarak sekitar 60 kilometer dari kota kelahirannya itu. Perjalanan itu ditempuhnya dengan bersepeda. Kehidupannya tergolong lumayan karena orangtuanya pengusaha susu sapi dan pedagang ternak. Lulus SMP Tirto Utomo melanjutkan sekolah ke HBS (sekolah setingkat SMA di zaman Hindia Belanda) di Semarang kemudian dilanjutkan ke HBS St. Albertus di Malang. Teman sekolahnya antara lain mantan menteri perdagangan Rahmat Saleh dan mantan gubernur NTT Ben MBoi.




BIDANG USAHA

PT.AQUA bergerak dalam bidang air minum mineral berkemasan . . . .



KEJAYAAN
Perluasan Produksi

Diterimanya AQUA oleh masyarakat luas dan wilayah penjualan yang telah menjangkau seluruh pelosok Indonesia, maka Aqua harus segera meningkatkan kapasitas produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat itu, lisensi untuk memproduksi AQUA diberikan kepada PT Tirta Jayamas Unggul di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984 dan Tirta Dewata Semesta di Mambal, Bali pada tahun 1987. Hal yang sama juga diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Pemberian lisensi ini disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima. Upaya ekspor dirintis sejak medio 1987 dan terus berjalan baik hingga kini mencakup Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika. Total kapasitas produksi dar seluruh pabrik AQUA pada saat ini adalah 1,665 milyar liter per tahun.

41808010029

DWI SETYANI RAHARDJO





0

S.E.M.A.N.G.A.T

Posted by rahardjo setyani on 00.41
Setiap manusia ituwh pasty pernah dalam keadaan dan sikon yang down . .
tiap lo ngerasa gytuwh coba dee lo inget orang tua lo ma orang-orang yang sayang sama loo . .
inget semua cita-cita yang pernah loo abaikan ingat kembali dunia yang pernah loo tinggalin saat lo dapet dunia baruu . . . . .

walopun statement ini agak kedengeran flashback tp guwa yakin loo butuh ituwh semua buat jadi talak ukur kehidupan loo selanjutnya. .

"JEMPUT MASA DEPAN LOO DENGAN HARAPAN DAN SEMANGAT YANG BARUU"
"JANGAN TERLAMPAUU LAMA JATUH DALAM KETERPURUKAN"
"HIDUP LOO SANGAT BERARTI SHOOB"


_AGUSTUS10.BLOGSPOT.COM_

0

1st time

Posted by rahardjo setyani on 00.32
its 1st time for me . . . . .

mulai dari sekarang. . .
hari ini . .
jam ini. . . . .
detik ini . . . .

stand up 4 aLL . . . .

Copyright © 2009 RaHardjo setyani Dwie All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.